4 Tips Menjaga Gigi Tetap Sehat dan Kuat

Bagaimana cara menjaga kesehatan dan kekuatan gigi? hal pertama tentunya adalah dengan cara menyikat gigi dengan rutin dan benar. Namun, menyikat gigi saja tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya anda baca tips menjaga gigi sehat dan kuat berikut ini.

Menjaga kesehatan gigi

Gigi Sehat Image

Selain faktor kebiasaan atau cara anda membersihkan gigi, makanan yang anda konsumsi pun bisa mempengaruhi kesehatan gigi anda, dan untuk anda yang membutuhkan tips menjaga kesehatan gigi, berikut beberapa tips yang pastinya akan bermanfaat untuk anda.

Sikat gigi dengan benar

Minimal sikat gigi dua kali dalam sehari terutama setelah anda selesai makan, dan ganti sikat gigi anda setelah digunakan maksimal selama 3 bulan untuk mencegah penumpukan bakteri yang sangat mungkin berkembang biak di alat sikat gigi yang anda gunakan.

Bersihkan sela gigi dari sisa makanan

Dental floss atau benang gigi bisa anda gunakan untuk lebih membersihkan gigi dari sisa makanan yang mungkin tertinggal terutama di sela gigi.

Selain dental floss, berkumur menggunakan mouthwash membantu anda membersihkan mulut dan mencegah atau mengatasi bau mulut.

Kurangi konsumsi makanan manis

Sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman manis yang bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan gigi seperti gigi berlubang.

Hindari rokok

Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, rokok juga bisa menjadi penyebab gigi kuning, sebaiknya kurangi atau berhenti merokok jika anda menginginkan memiliki mulut dan gigi yang sehat.

Gigi sehat dan kuat

Selain tips-tips di atas, kunjungi dokter gigi minimal satu kali dalam 6 bulan untuk memeriksa kesehatan gigi dan mengambil tindakan medis yang mungkin anda butuhkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.