6 Penyebab Umum Bau Mulut

Bau mulut atau halitosis adalah salah satu jenis gangguan kesehatan mulut dan gigi yang harus ditangani dan diobati dengan tepat. Namun, untuk mengetahui cara mengatasi bau mulut, hal pertama yang penting untuk diketahui adalah penyebab dari bau mulut itu sendiri.
Dan berikut 6 penyebab umum bau mulut

Faktor Penyebab Bau Mulut

Bau Mulut Image

Makanan yang dikonsumsi

Beberapa jenis makanan dikenal dapat memicu atau menimbulkan bau mulut yang bersifat sementara, atau dapat dihilangkan, contohnya seperti durian, bawang, petai, dan jengkol.

Bau mulut yang ditimbulkan karena mengkonsumsi jenis makanan di atas bersifat sementara atau dapat dengan mudah dihilangkan.

Merokok dan alkohol

Rokok dan alkohol juga bisa menjadi penyebab bau mulut sementara yang jika dilakukan dalam jangka panjang bisa menjadi pemicu bau mulut yang lebih sulit dihilangkan, karena dua faktor penyebab tersebut rentan menjadi penyebab gangguan kesehatan di area rongga mulut.

Sisa makanan yang tertinggal di mulut

Sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut akibat kurang baiknya menjaga kebersihan mulut yang kemudian membusuk juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Selain bau mulut, kebiasaan kurang baik dalam menjaga kebersihan mulut dari sisa sisa makanan juga dapat memicu gangguan kesehatan gigi seperti karang gigi ataupun gigi berlubang.

Infeksi tenggorokan

Bau mulut juga bisa dipicu dari gangguan kesehatan di area tenggorokan seperti infeksi tenggorokan dan infeksi sinus.

Air liur

Bau mulut juga bisa dipicu karena penurunan produksi air liur yang ditandai dengan rasa kering di mulut.

Air liur memiliki fungsi membunuh bakteri di mulut, dan kurangnya produksi air liur menyebabkan peningkatan aktifitas bakteri di area organ mulut.

Penyakit dalam

Jangan sepelekan bau mulut karena bau mulut juga sangat mungkin menjadi pertanda gangguan penyakit di dalam organ tubuh.

Beberapa gangguan kesehatan yang mungkin memicu bau mulut diantaranya adalah kanker, diabetes, kerusakan paru, masalah di saluran pencernaan dan gangguan ginjal.