Fakta Mengenai Bau Mulut Yang Harus Anda Ketahui

Bau mulut atau dikenal dengan istilah halitosis dalam kamus medis merupakan salah satu gangguan kesehatan mulut yang dapat merusak kepercayaan diri namun seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Apa penyebab bau mulut dan kenapa seseorang menderita bau mulut? mari kita pelajari di artikel kali ini.

Bau mulut

Bau Mulut Image

Halitosis atau bau mulut sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu bau mulut yang bersifat sementara atau transient dan bau mulut yang bersifat lebih permanen atau halitosis persistent.

Menurut jenisnya tersebut di atas, ada gangguan bau mulut yang bersifat sementara yang mungkin ditimbulkan dari gangguan kesehatan kecil pada mulut dan gigi atau dari makanan yang dikonsumsi yang sangat mungkin diatasi dengan membersihkan rongga mulut dengan cara menyikat gigi maupun menggunakan obat kumur, dan ada pula jenis bau mulut yang membutuhkan tindakan medis untuk mengatasinya.

Penyebab bau mulut

Bau mulut atau halitosis bisa dipicu karena berbagai sebab, diantaranya adalah gangguan kesehatan pada mulut dan atau gigi seperti gigi berlubang dan flak atau karang gigi.

Selain faktor kesehatan mulut dan gigi, bau mulut juga sangat mungkin dipicu oleh gangguan kesehatan di tenggorokan seperti infeksi sinus dan peningkatan aktifitas bakteri di area tonsil.

Selain gangguan kesehatan, bau mulut atau halitosis juga bisa dipicu karena kurangnya kebersihan organ mulut, kebiasaan menyikat gigi yang kurang benar, gaya hidup yang kurang baik, dan dipicu pula karena makanan yang dikonsumsi.

Lebih lengkap mengenai faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya bau mulut, silahkan anda baca artikel 6 penyebab bau mulut.